Dialog Bisnis TDA Kab Bogor, Sukses!

TDA Forum

30 orang lebih wajah-wajah penuh semangat, memenuhi ruang serbaguna (function room) Sekolah Alam Cikeas, Minggu 27 April 2014. Ketika sebagian manusia lainnya sedang berlibur atau berasyik dengan keluarganya, orang-orang ini justru mengikuti Forum Dialog Bisnis TDA Kabupaten Bogor. Mereka sangat antusias mengikuti acara dengan tema “Memulai Bisnis Dari Nol”.

IMG-20140427-WA0004

Acara ini dipandu oleh Dodi Mawardi, pemilik dan pengelola Sekolah Menulis Kreatif Indonesia, penulis buku Belajar Goblok dari Bob Sadino yang juga pengelola Yayasan Bhakti Suratto (yang menaungi Sekolah Alam Cikeas). Acara berlangsung sangat meriah sejak awal jam 9 pagi, sampai jam 12 siang, tanpa jeda. Hadir dalam acara ini, pentolan-pentolan TDA Kabuaten Bogor yaitu Yudhanto (Ketua – pengusaha IT), Ronny (Pengusaha Bonekaku), Dandy (Pengusaha IT, properti dan macam-macam), Hamdi (Pengusaha IT dan penyedia parkit), pak Dudun pengusaha jasa penulisan, pak Ferdy pengusaha baju muslim serta anggota lain TDA Kabupaten Bogor. Selain itu, acara ini juga kedatangan tamu istimewa dari kawan-kawan TDA Bogor Raya (Pak Agus, pak Cucu, pak Jalal dkk).

IMG-20140427-WA0003

Jumlah peserta memang di luar dugaan panitia, yang hanya memperkirakan jumlah peserta sekitar 20 orang. Peserta berasal dari beragam latar belakang, seperti pengusaha, pelajar, karyawan, calon pensiunan dan sebagainya. Ada juga beberapa pasangan suami istri yang memang serius mau berbisnis. Tempat tinggalnya di seputaran Kota Wisata, Legenda Wisata, Cileungsi, Bekasi dan Jonggol. Salah satu peserta adalah Bayu dari Garuda Indonesia, yang tampak sangat antusias menyimak acara dari awal sampai akhir.

IMG-20140427-WA0005

Antusiasmenya juga menakjubkan terlihat dari sejumlah pertanyaan yang mereka lontarkan. Mulai dari menentukan ide usaha, bagaimana mengeksekusi ide tersebut, mencari modal dan juga untung ruginya berpartner.  Dalam acara ini tidak ada narasumber khusus. Semua pihak mendapatkan porsi untuk berbicara sesuai dengan kepentingannya, yaitu bertanya dan menjawab. Para karyawan atau yang mau berbisnis bertanya, dan peserta yang sudah lebih dulu terjuan ke dunia usaha, memberikan jawaban. Seru. Indahnya berbagi.

IMG-20140427-WA0006

“Saya sudah berbisnis sablon dan percetakan selama 4 bulan, tapi kok belum bagus ya. Boleh disebut belum untung-untung. Bagaimana caranya supaya bisa untung? Atau lebih cepat untung?” tanya seorang peserta, anak muda usia 24 tahun asal Cileungsi. Mendapatkan pertanyaan itu, Ronny, member TDA Kab Bogor yang tukang insinyur penerbangan ITB tapi jadi tukang bikin boneka, menjawab dengan santai. “Usaha Anda belum lama… wajar belum untung.” Yang disambut ger geran oleh audiens.  “Tidak ada bisnis yang instant mas…” tambah sang moderator, Dodi.

 

“Oh, ada cara terbaik biar cepat untung…” potong Ronny Boneka.

Audiens pun menarik nafas dan penanyapun kembali bersemangat. Menunggu pernyataan Ronny.

“Sedekahkan semua penghasilan dari usaha mas. Semuanya. Insya Allah, usahanya akan maju lebih cepat!”

 

Wajah penanya mengkerut.

 

Padahal, benar… sedekah makin banyak maka Allah akan membalasnya dengan lebih banyak lagi. Janji yang sampai saat ini dan sampai kapanpun akan ditepati oleh Allah. Sudah banyak yang membuktikannya, termasuk sebagian pengusaha yang tergabung dalam TDA Kabupaten Bogor.

 

IMG-20140427-WA0002

Demikian sekelumit acara Forum Dialog Bisnis TDA Kabupaten Bogor.

Terima kasih buat mas Hantiar dari TDA Pusat yang datang dan mengisi acara untuk menjelaskan program Pesta Wirausaha 2014.

Terima kasih kepada Yayasan Bhakti Suratto (da Sekolah Alam Cikeas) yang menyediakan tempat sebagai TDA Center Kabupaten Bogor.

Terima kasih kepada seluruh panitia acara, sehingga acara dapat berjalan lancar dan sukses.

 

Sampai jumpa dalam Forum Dialog Bisnis selanjutnya.

 

 

 

2 Comments

  1. terima kasih pak Dodi, saya mendapat banyak masukan untuk menyusun  talk show radio saya yang berdurasi 2 jam. Tuhan memberkati.

    salam… Silvia

Tinggalkan komentar