Produksi Siaran Radio Pekan 1

Apa itu Radio?

­Radio adalah media auditif, yang hanya bisa dinikmati dengan alat pendengaran. Radio menjadi media penyampai gagasan, ide dan pesan melalui gelombang elektromagnetik, berupa sinyal-sinyal audio.

Apa itu Radio Siaran?

­Versi Undang-undang Penyiaran no 32/2002: kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran, yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan.

Karakteristik Radio

­Theater of Mind

­Personal

­Sound Only

Karakter lainnya: At Once (cepat/segera/seketika), heard once (didengar sepintas), secondary medium/half ears media (teman dalam aktivitas), murah, mobile/portable (mudah dibawa/dipindahkan), lokal (factor kedekatan), linear.

Keunggulan Radio versi Kenneth Roman:

­Kemampuan untuk mengembangkan imajinasi pendengar (Theater of Mind).

­Kemampuan selektivitas memilah program dan segmen khalayak.

­Fleksibel karena mudah dibawa kemanapun.

­Personal sehingga mampu menjadi sahabat pendengar.

Jenis-jenis Radio Siaran

Berdasarkan Frekuensi:

­Frekuensi Modulasi (FM) bergerak pada frekuensi 87 MHz sampai 108 MHz.

­Amplitudo Modulasi (AM) atau Medium Wave (MW) berada pada jalur 540 sampai 1600 KHz.

­Short Wave (SW) mempunyai ruang frekuensi yang sangat lebar yaitu dari 1600 KHz sampai 30.000 KHz.

Berdasarkan Penyelenggara:

­Radio milik negara

­Radio publik

­Radio swasta/komersial

­Radio komunitas (kampus/LSM)

­Radio asing

Jenis Program Radio

Ada dua kategori besar:

­Berita

Current affair

Feature

Interview, dll.

­Hiburan

Musik

Humor

Kuis, dll.

Materi Pendukung

­Iklan

Iklan komersial

Ad-lib

ILM/PSA

Promo Program, dll.

* Jingle

Station ID

Cue opening/closing program

Bridging, dll.

5 Comments

  1. mas kami sangad bahagia mendapat ilmu2 di artikel yang mas buat.. ,kebetulan saya ada tugas untuk mencari artikel2 tentang radio.. oh ya mas kalo mas punya artikel tentang SEJARAH DAN PERKEMBANGAN RADIO DI INDONEISA , NANTI KIRIMIN KE EMAIL RENDY YA…. di rendi_tronton@yahoo.com. oke mas… sebelumnya makasih… okeyyyyyy ^_^

  2. Pak Dodi..
    senang sekali bisa menemukan blog bapak..^^
    benar-benar bermanfaat sekali pak buat saya yang sedang menyusun skripsi juga tentang radio..
    Pak..saya juga butuh artikel tentang sejarah dan perkembangan radio seperti yang di minta pak rendi diatas..bisa ga ya Pak Dodi tolong emailin saya juga?
    email saya : lidia_oktoria@hotmail.com.

    terimakasih ya pak …^^

  3. salam kenal, saya tertarik dengan artikel ini…saya sedang menyusun skripsi ,mengenai programming radio…saya bisa minta bahan2 mengenai produksi program radio tidak??
    klo bisa tolong kirim k e-mail saya anggatra_888@yahoo.com
    tolong sumbernya di seretakan termasuk sumber untuk artikel ini…

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Tinggalkan komentar