Tips Menemukan Ide Tulisan

Ide itu milik Tuhan. Dia berserak di alam semesta. Ada orang mengaku punya banyak ide, padahal jumlah ide dia tidak sampai seujung kuku ide milik Tuhan. Tapi ada juga orang kesulitan mendapatkan ide. Bingung dan buntu.

Sebagian lagi punya ide, tapi ketika ide itu dituangkan dalam tulisan, ternyata ide tersebut tidak disambut baik oleh orang lain.

Padahal sebagian orang lainnya, sukses menuangkan ide dan tulisannya diburu orang lain.

Lalu bagaimana menemukan ide yang tepat untuk tulisan Anda?
Seperti tema tulisan ini… apa idenya? Bagaimana menemukan ide. Kenapa Anda membacanya? Karena mungkin Anda butuh tulisan tentang tema ini. Mungkin selama ini Anda kesulitan mendapatkan ide. Atau belum juga menemukan ide yang tepat. Ide tulisan ini berangkat dari kebutuhan orang lain. Bukan kebutuhan penulisnya. Penulisnya sih sudah berhasil membuat banyak tulisan, dengan ide yang sesuai kebutuhan orang lain. Tapi, masih banyak orang yang belum mampu menemukan ide itu. Mereka (mungkin termasuk Anda) butuh masukan tentang bagaimana menemukan ide.

kill-post-idea

Sumber: http://www.hongkiat.com

Jadi, poin pertama adalah… kebutuhan orang lain. Cari apa saja kebutuhan orang lain di berbagai bidang. Banyak sekali bukan? Tapi sesuaikan dengan bidang yang Anda kuasai, sehingga ketika menemukan kebutuhan orang lain, Anda bisa memenuhinya dengan tepat.

Poin berikutnya apa? Sudahlah, poin pertama itu saja kalau dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, Anda tidak akan pernah kehabisan ide. Observasi orang-orang di sekitar Anda, baca perkembangan terbaru di media massa, jalan-jalan ke toko buku, maka Anda akan menemukan apa yang sekarang sedang dibutuhkan orang lain. Khususnya di bidang yang Anda kuasai atau Anda sukai.

Selamat menulis!

Dodi Mawardi
Founder Sekolah Menulis Kreatif Indonesia

Tinggalkan komentar